Sunday, 12 May 2013

Mengenal Drop C pada Gitar

 Dalam dunia musik khususnya gitar dan bass ada banyak sekali stemman/tuning yang bisa kita gunakan mulai dari yang bernada rendah hingga bernada tinggi . Dari sekian banyak stemman tersebut yang paling banyak digunakan adalah stemman drop E karena bisa digunakan di semua jenis musik dan sering disebut sebagai normal tuning. Selain itu ternyata masih banyak lagi stemman lainnya seperti drop D, C, A  dan masih banyak lainnya . Karena berbeda maka masing-masing stemman pun memiliki dasar-dasar kunci yang berbeda , hal ini dikarenakan susunan nada pada masing-masing senar juga berbeda.

Tujuan dibuat stemman/ tuning yang berbeda-beda
  1. Memudahkan musisi atau pemain musik saat memainkan lagu
  2. Memudahkan dalam menjangkau nada
    contohnya adalah drop D dan C yang banyak sekali digunakan oleh gitaris-gitaris beraliran metal atau rock karena musik mereka sebagian besar bernada rendah sehingga stemman tersebutlah yang paling cocok dan membuat musik mereka menjadi lebih hidup
  3. Menyesuaikan dengan karakter musik
Mengenal Drop C pada gitar maupun bass
Untuk membuat stemman ini pada gitar atau bass,  kamu cukup mengendorkan semua senar-senar pada gitar kamu sejauh empat fret atau empat kali , tapi sebelumnya telah di stem normal terlebih dahulu. Dan bagi kamu yang kesulitan , kamu bisa membeli tuning gitar yang banyak dijual di pasaran atau bisa juga meminta temanmu yang sudah pandai dan mahir bermain gitar untuk menstem gitarmu.  Tapi akan lebih baik dan bermanfaat jangka panjang jika kamu membeli buku/tutorial tentang gitar lalu kamu praktekkan tutorial tersebut . Alternatif terakhir yaitu kamu bisa membuka situs youtube yang di dalamnya terdapat beragam video tentang tutorial-tutorial musik yang lengkap.  Baiklah di bawah ini adalah skema nada-nada-nya beserta perbandingannya.

Nada-nada pada gitar yang telah di stem dengan Drop C 
Cara membaca fretnya dari kanan ke kiri jadi jangan sampai kebalik ya...
Drop C


Nada-nada pada gitar dengan stemman drop D

Stemman Drop D
Jika kita cermat dalam mengamati susunan nada dari dua stemman gitar diatas pastinya akan membentuk suatu pola yaitu stemman drop c jaraknya adalah dua fret lebih rendah daripada drop d. Jadi bagi kamu yang sering memainkan musik rock/metal tapi merasa tuning yang digunakan kurang rendah maka bisa menggunakan tuning ini sebagai alternatif. 


2 comments:

  1. kasih contoh bentuk chord di drop D dan C dong gan
    hehe
    masih belajar ni :D

    ReplyDelete
  2. maaf gan nunggu lama, udah saya posting kok....
    silahkan dinikmati :-)

    ReplyDelete